Jongkey Facts (With INA Translation)


Author menemukan banyak orang dan fanbase juga fanpage yang mengcopas artikel ini tanpa disertai kredit, author mohon.. kalian cuma cantumin kredit doang kok, ga disuruh macem-macem.. hargailah author yang sudah mentranslatekannya ke bahasa indonesia

SEKALI LAGI, TOLONG YANG INGIN MENGCOPAS ARTIKEL INI, TULIS KREDIT :

translated from English to Indonesian by : Me (Akasviel Horvejkul-von Einzbern on fb or @SungminELF on twitter or akasvieland on wordpress))

SECARA LENGKAP. GOMAWO ^^

080724 Mnet School of Rock

Jonghyun: When we eat breakfast or go to the practice room and I forget my training outfit, when I say I forgot it, he takes it out of his bag and says, “It’s right here~”

080729 Mnet School of Rock BTS 03

Key: There was one time when we went to watch a horror movie, it was when we were trainees. It was with Jonghyun?

Jonghyun: Yeah! Key: It was Jonghyun. Too scary! When I’m really scared, I have this habit of hitting people around me. So Jonghyun was to my left, because I was so scared, I started to hit him hard like this! But when I looked, it was someone else to my right!

Jonghyun: He hit someone he didn’t even know!

Key: I apologized.

Jonghyun: And just like that we left in the middle of the movie because we were embarrassed.

(They were in their own world reminiscing while the other 3 are just staring at them being high.)

080820 Yunhanam Ep. 04 BTS Part 10

Jonghyun: I look like a monster.

Key: His perfect jawline. Sharp nose. Big eyes. He is perfect. He is my type.

Jonghyun: Then I’ll film SHINee’s Yunhanam with Key today.

Key: (sings) Jonghyun neomu yeppeo…

Unknown Time

During an event, the members were going on stage one by one. Jonghyun was behind Key and pointed to Key, mouthing “mine” to the fans

080910 Yunhanam Ep. 07

Key: Why is the King always looking at him?

Jonghyun: No, I’m not~

Key: How many times has it been?

Jonghyun: I really didn’t, I only have you in my heart.

080917 Yunhanam Ep. 08

Key: Jonghyun’s. “I love you SHINee, you jerks.” What is this?

Jonghyun: I’m saying I love you.

Key: I love you too. Look at what my son wrote. My son’s jjang! SHINee is a hit!

Jonghyun: Key is the best.

080923 Key’s Birthday Fan-meet

Key said last year on his birthday, Jonghyun was hitting him in the park (sort of like birthday punches). After saying that, Jonghyun immediately stopped Key from finishing.

Every member wished Key a happy birthday and when it was Jonghyun’s turn, Jonghyun was pretty shy. He held Key’s hand and swung it back and forth. After saying some things, the fans asked for a kiss (between Jonghyun and Key) and Jonghyun said that it can’t happen. But then he kissed his thumb and pressed it on Key’s forehead and finally he said loves Key.

Making of AMIGO MV

Key: Indeed, very handsome!

Jonghyun & Key make some cute noises.Jonghyun faces Key and does what he’s doing in the gif. Then Key puts his hands over Jonghyun’s and does it with him. After doing that…

Jonghyun: I really don’t know why that happened.

Key laughs happily. Then Key explains…

Key: Because we’re the perfect combination (couple)!

081231 CHANNEL [V] Thailand

When they were going through Key’s bag, there was a polaroid of Jonghyun and himself in his wallet.

When asked what the members call each other, Key says that he calls Jonghyun “Jjong”.

Unknown Time

Key: I’m Bling Bling Key!

090408 Jonghyun’s Birthday Fan-meet

When it was Key’s turn to wish Jonghyun a happy birthday, Jonghyun asked: “Are you going to confess to me now?” Then the two of them were talking to each other, face to face and hugged afterward.

Towards the end, Key turned to Jonghyun and said that he continually celebrated three birthdays with him.

090623 KBS HappyFM “I’m SoYooJin”

SHINee Rolling Paper

(Jonghyun’s paper)

Key: Study your song composing well ♡ (I still remember you not lending me your vest -_-^)

(Key’s paper)

Onew: Side with me keke

Jonghyun: Don’t side with anyone else, you’re mine kekeke…

July; Vogue Girl Interview

Key: In SHINee, the member who is the icon of sexiness is Jonghyun hyung!

090923 Homepage Message

Key: This is Kim Jonghyun?

090924 Homepage Message

Hello, I’m Bling Bling Jonghyun- What day was September 23rd?

It was SHINee’s Almighty Key, Key’s birthday.. ㅋ

We are now preparing for Key Goon’s birthday party.. ㅎ

Key isn’t even aware of it and is dancing next to me..

큭..Fool..

This is a secret!! Shh ㅎ Then up to here-

090925 SHINee NIGHT Photobook & DVD

Q: Is there anything you want to say to the members?

Key: To me, I get along with Jonghyun comfortably. He is a very close friend. He listens to my troubles and helps me a lot, pointing out my mistakes in aspects like singing. Jonghyun and I are both interested in singing so we have that common interest. We communicate well so being with him is the most comfortable and casual.

091010 Korean Sohu Interview

Jonghyun: 我想你 (I miss you). It means that I miss everyone. Then…how about Key?

Key: 你很漂亮 (You are pretty). It means “pretty”, right?

Jonghyun: Ah, it means pretty? (Turns to Key) You’re very pretty.

October ROCKSTAR Interview

Q: Which member’s movements/acts will attract your attention?

Jonghyun: Compared to acts, I can’t help but to notice Key because the way he thinks. The way he thinks is very interesting. He has a lot of points, like yesterday (during the fan meeting), he chose to performe Perfume’s Chocolate Disco. It was really fun.

091106 KBS Music Bank

Key: Jonghyun-hyung, I love you!

091129 SBS Inkigayo

(Jonghyun cracked and Key patted him)s

091208 Key UFO Replies

Fan: Jonghyun-ge, between Taemin and Key, who will you choose?

Key: Me!!!

100410 me2day (Key)

Key: Certified~ Actually, I already had a set of T-shirts, I got the T-shirt as a gift kekekeke

100707 me2day (Jonghyun)

I want to urgently sell this. It hasn’t even been 2 hours since I’ve bought it. No scratch status, only worn it once. If you want it, I can show you the receipt and case. I bought it as a gift because Kibum kept asking me to buy it. Because I don’t want to give it to him suddenly “without a reason”, I came here to sell it. There aren’t any discounts. Keke – Jonggo Nara cosplay (Jonggo Nara is a Korean website that sells second-handed items)

100718 NYLON Korea Interview

Q (for JH): If you are going on a space travel, who would you go with? You might crash or may not be able to come back.

Key: With me!

100722 Taemin Birthday Fan-meet

When Taemin went backstage to change…

Key: Let’s talk then~

Jonghyun looked Key from head to toe, then poked his waist.

Jonghyun: You have money to buy Taemin gifts, should have paid back the money you owe me~

Key pretended not to hear.

When Taemin comes back, Jonghyun and Key were too engrossed in their conversation about a pair of sunglasses. Taemin couldn’t pass through but finally pushed Jonghyun and Key aside.

Taemin: Talk about your private stuff later!!

When it was Key’s turn to talk, he complained about the pimples on his face and that the fans will see when he talks. Suddenly, Jonghyun lifted Key’s chin and turned it toward another direction.

Jonghyun: Then talk like this~

Key: Ahh..then..can I switch places?

Jonghyun dragged Key to the far right so their placement became Key-Jonghyun-Taemin-Onew.

Key: Today, we have a game called Taemin’s King Game!!

Jonghyun: Taemin is king so he can do anything he wants like call person 1 and person 3 to kiss. You can say “Kibum and Jonghyun kiss”, that will be ok too. We will just kiss.

Key gave Jonghyun a “we can’t” look while the fans scream.

Taemin: I don’t have that kind of interest~

After talking about the kiss, fans noticed that Jonghyun was staring at Key’s lips.

Key: Ever since the kiss talk, you keep staring at me! Why do you keep staring at me??

Jonghyun: What, what? Why can’t I?

100805 Shim Shim Tapa

Jonghyun: What are our luckiest events that happened after our birth?

Jonghyun: Mine’s meeting Key.

100807 Star Golden Bell

Q: Key’s good points?

Jonghyun: Key is very attentive friend and takes good care of the members.

Q: Weak points?

Jonghyun: He nags too much.

Q: What about Jonghyun?

Key: Because he’s always by my side so when I need to see him, I can see him immediately.

Q: Weak points?

Key: It’s annoying because we’re together everyday.

Q: How will you resolve a fight with Jonghyun?

Key: Flattery.

100814 UFO

Fan: In order to see you everyday, it’d be great if I can become a member of SHINee ^口^

Jonghyun: hahaha just like Kibum

100911 Star King

Key made Jonghyun wipe when he returned to his seat after eating the donut.

100916 Key’s Birthday Fan-meet

Minho: Weird is you two, why were you guys wearing couple t-shirts?

Jonghyun: Own preference

Kibum: Isn’t it cute?

Kibum said he bought the white one first and when he got back Jonghyun thought it looked good so he bought it.

Jonghyun: That day, I saw Kibum’s newly bought shirt, and thought it looked nice so I went to the same shop the next day. The sales said that Key bought the white one so I asked for the black one. After I got back home, I asked Key to wear the same shirt the next day. Key said ok so we both wore the same shirt.

Kibum: Will also continue to wear the shirts together in the future.

Jonghyun asked Kibum what kind of wish he made, Kibum said he can’t say because if he says, it won’t come true.

Jonghyun: It won’t come true anyway, just say it. It’s already good that everyone wants to listen to it, you should be grateful. You should just say it, maybe someone here can fulfill it for you, so you can fulfill your wish sooner.

At the end, Key said he wanted a Balmain wallet.

Jonghyun: That one costs 6,800,000 won = =

Kibum asked Jonghyun and Minho for presents

Jonghyun: Didn’t I buy sunglasses already?

Kibum: Ah~

Jonghyun: I have already spent 3-4 birthdays with Kibum, looking at Kibum growing, I feel like I’m growing too. I will forever remember our times together…

101028 KOOL Magazine (Jonghyun’s interview)

Q: What’s your first impression of Key?

From the first time I met Key, his character has not changed at all till today, a really independent individual.

Q: Use a colour to represent Key.

Silver

Q: What would you like to say to Key.

I’m really happy when I see you moving forward on your self-path. I hope to see this Key in the future too.

누난 너무 예뻐 ♥: SHINee’s rolling paper ←

taelips:

Taemin:

Jonghyun: Taeminnah… Sorry for being mean to you when you wore my hat that one time. But please tell me when you’re borrowing stuff from now on ㅠㅠ

Key: Will you buy me food?

Minho: Tell me when you’re borrowing my stuff~!

Onew: I would also like to mooch off food

[Fan] In order to see you everyday, it’d be great if I can become a member of SHINee ^口^

[Jonghyun] hahaha just like Kibum

[Key] 인증~ 사실은 제가 이미 가지고 있던 티셔츠와 세트인 티셔츠를 선물했답니다 ㅋㅋㅋㅋㅋㅋㅋ

[Key] Certified~ Actually, I already had a set of T-shirts, I got the T-shirt as a gift kekekeke

Onew: Side with me keke

Jonghyun: Don’t side with anyone else, you’re mine kekeke…

(to Key)

 

Study your song composing well (I still remember you not lending me your vest -_-^)

Key to Jonghyun

 

I am Bling Bling Key!

Key

Key has been a bit more attractive than fried dumplings these days.

Jonghyun

MC: Why isn’t Key doing anything?

Jonghyun: It’s because hes too far away, come a bit closer.

Key: Don’t lie!

Fan: [to Key] Key-yah, can’t you lend Jonghyun to me? No???

Jonghyun: No!

Jonghyun (20090831 UFO)

likeoxygen:

“key said that when he and jjong used to share a room, (key was sleeping on the lower deck or somewhere lower) he got a shock when he heard jjong singing and he thought jjong was singing to/for him. so he got up to look but jjong was asleep WITH HIS EYES OPEN.”

– faithstar @ SHINee Forums International

The person who is able to meet an ET, who has come to earth, and not feel scared, but instead is able to converse naturally with it, is Key. Even if he is left on an abandoned island, he will still be able to find a way to survive.

Jonghyun

[FAN]: Jonghyun-ah! Tell Key you love him!

[JONGHYUN]: I already did.

[FAN]: Kibum-ah, you have many difficult nights?

[KEY]: Yeeess -.- Jonghyun-hyung bites me every night.

Fan: [Jonghyun] What kind of skinship do you like lately? Hug? Holding hands? Putting arms across shoulders?

[Jonghyun]: More than what you expect

Fan: [Jonghyun] Where can I go? ㅠㅠㅠㅠㅠ

[Jonghyun]: Here

cr : community.liverjournal.com/jongkey, tumblr,  google, and other sites

080724 Mnet School of Rock

Jonghyun: Ketika kita sarapan atau pergi ke ruang praktek dan saya lupa baju latihan saya, ketika saya mengatakan saya lupa itu, ia (Key) mengambil itu dari tasnya dan berkata, “Ada di sini ~”

080729 Mnet School of Rock BTS 03

Key: Ada satu waktu ketika kita pergi untuk menonton film horor, ketika kami trainee. Aku nonton dengan Jonghyun? Jonghyun: Yeah! Key: Itu Jonghyun. Terlalu menakutkan! Ketika aku benar-benar takut, aku punya kebiasaan memukul orang di sekitarku. Waktu itu Jonghyun ada di sebelah kiri aku, karena aku sangat takut, aku mulai memukulnya keras seperti ini! Tapi ketika aku melihat, itu orang lain di sebelah kananku! Jonghyun: Dia memukul seseorang yang bahkan dia tidak tahu siapa! Key: Saya minta maaf. Jonghyun: Dan setelah itu, kami meninggalkan ruangan di tengah-tengah film karena kami malu. (Mereka berada di dunia mereka sendiri, mengenang, sementara 3 lainnya hanya menatap mereka.)

080820 Yunhanam Ep. 04 BTS Part 10

Jonghyun: Aku terlihat seperti monster.

Key: Rahangnya yang sempurna. Hidung mancung. Mata besar. Dia (Jonghyun) perfect. Dia adalah tipeku (?).

Jonghyun: Lalu aku akan syuting SHINee Yunhanam dengan Key hari ini.

Key: (bernyanyi) Jonghyun neomu yeppeo…

Unknown Time

Selama acara, para anggota naik ke atas panggung satu per satu. Jonghyun berada di belakang Key lalu menunjuk ke Key, mengucapkan “MIlikku” kepadaku para penggemar (oke, siapa yang bilang Key bkan pnya km, Jjong? Kayaknya km gamau bgt deh Key diaku-aku sma org lain -.-)

080910 Yunhanam Ep. 07 (ini yang drama-dramaan tea)

Key: Mengapa Raja (Jonghyun) selalu menatapnya?

Jonghyun: Tidak, aku tidak~

Key: Berapa kali kau melakukannya?

Jonghyun: Aku benar-benar tidak melakukannya, Aku hanya memiliki kamu dihatiku (Cheesy King-..-)

080917 Yunhanam Ep. 08 (aku improve sendiri, mnrut video yg ak tonton)

Key: Punya Jonghyun (membaca tulisan yang ada di gembok). “I love you SHINee, you jerks.”Apa ini?

Jonghyun: Aku mengatakan aku mencintaimu .Saranghae saranghae (sambil memeluk Key, Key membalas memeluk Jonghyun)

Key: I love you too. Lihat apa yang anakku (Taemin) tulis. Anakku yang terbaik! SHINee is a hit!

Jonghyun: Key adalah yang terbaik. (DI matamu Jjong LOL)

080923 Key’s Birthday Fan-meet

Key berkata tahun lalu pada hari ulang tahunnya, Jonghyun memukulnya di taman (semacam pukulan ulang tahun). Setelah mengatakan itu, Jonghyun segera menghentikkan Key untuk menyelesaikan ucapannya (Ayo, Jjong mau nyembunyiin apa nih… XD) . Setiap anggota mengucapkan selamat ulang tahun pada Key dan ketika giliran Jonghyun, Jonghyun cukup malu. Dia memegang tangan Key dan mengayunkannya ke depan dan ke belakang. Setelah mengucapkan beberapa hal, para penggemar meminta ciuman (antara Jonghyun dan Key) dan Jonghyun mengatakan bahwa hal itu tidak bisa terjadi. Tapi kemudian ia mencium ibu jarinya dan menekannya di dahi Key lalu akhirnya dia mengatakan bahwa dia mencintai Key. (Tolong panggil ambulance.. Bawa saya ke Rumah Sakit.. Saya sudah sekarat *mimisan segudang*)

 

Making of AMIGO MV

 

Key: Memang, sangat tampan!

Jonghyun & Key membuat beberapa keributan lucu.Jonghyun memandang Key dan melakukan apa yang dia lakukan seperti apa yang ada di gif (seharusnya smua facts dsini ada buktinya berupa gmbar tp ak mls upload, bnyak bgt). Kemudian Key meletakkan tangannya di atas Jonghyun dan melakukannya bersama Setelah melakukan itu…

Jonghyun: Aku benar-benar tidak tahu mengapa itu terjadi.

Key tertawa gembira, kemudian Key menjelaskan…

Key: Karena kita kombinasi (pasangan) sempurna!

081231 CHANNEL [V] Thailand

Ketika mereka menelusuri tas Key, ada Polaroid dari Jonghyun dan dirinya sendiri dalam dompetnya (eciee.. biasanya kan foto yg ada d dlm dompet itu foto s yg pnya dmpet sma org yg dia sayang).

Ketika ditanya dengan sebutan apa para anggota saling memanggil, Key mengatakan bahwa dia memanggil Jonghyun “Jjong” (panggilan sayang tuh, co cwiiiiit).

Unknown Time (Kalau ga slah di Me2Day yg fotonya Key pake topi Dinosaurus Jjong)

Key: I’m Bling Bling Key! (ga usah d translate kan? Huehehe)

090408 Jonghyun’s Birthday Fan-meet

Ketika giliran Key untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada Jonghyun, Jonghyun bertanya: “Apakah kau akan mengaku kepadaku sekarang?” (Dalam arti lain Jjong nanya : “Apa kamu mau mengaku kau mencintaiku skrg? Wkwk) Lalu mereka berdua berbicara, face to face dan di akhiri dengan pelukan (asik bener). Menjelang akhir, Key berpaling kepada Jonghyun dan mengatakan bahwa ia terus-menerus merayakan tiga ulang tahun dengan Jonghyun. (Tenang Key.. kalau udah married (?) kalian bakal terus mnerus merayakan ultah bareng smpe akhir hayat LOL)

090623 KBS HappyFM “I’m SoYooJin”

SHINee Rolling Paper (harusnya ada gmbar tulisan mmber SHINee di  kertas)

(Tulisan di Kertas punya Jonghyun)

Key: Belajar menggubah lagu dengan baik ♡ (Aku masih ingat kau tidak meminjamkanku rompimu -_-^) (Jjong, jahat banget lu sama ‘istri’ sendiri -..-)

(Tulisan di Kertas punya Key)

Onew: Tetap di sisiku keke

Jonghyun: Jangan berada di sisi siapapun, kau milikku kekeke… (Cie jjong ngajak berantem onyu tuh XDD)

July; Vogue Girl Interview

Key: Di SHINee, anggota yang merupakan simbol dari sexiness adalah Jonghyun Hyung!

090923 Homepage Message

Key: Apakah ini Kim Jonghyun?

 090924 Homepage Message

Hello, I’m Bling Bling Jonghyun- Tanggal 23 September hari apa?

Itu hari SHINee’s Almighty Key, Ulang Tahun Key.. ㅋ

Kita sekarang sedang bersiap-siap untuk Key Goon’s birthday party.. ㅎ

Key malah tidak menyadari hal itu dan dia sedang menari di sebelahku큭..Bodoh..

Ini adalah Rahasia!! Shh ㅎ Oke, sampai disini dulu-

090925 SHINee NIGHT Photobook & DVD

Q: Adakah sesuatu yang ingin kau katakan kepada para anggota?

Key: Bagiku, aku merasa nyaman bergaul dengan Jonghyun. Dia adalah teman yang sangat dekat. Ia mendengarkan masalahku dan banyak membantuku, menunjukkan kesalahanku dalam aspek seperti bernyanyi. Jonghyun dan aku sama-sama tertarik dalam hal bernyanyi sehingga kita memiliki Ketertarikan yang sama. Kami berkomunikasi dengan baik, sehingga bersama dengannya adalah yang paling nyaman dan santai.

091010 Korean Sohu Interview

Jonghyun: 我想你 (I miss you). Itu berarti bahwa Aku kangen dengan semuanya. Lalu.. Bagaimana dengan Key?

Key: 你很漂亮 (You are pretty). Itu berarti ‘Cantik’, benar kan?

Jonghyun:Ah, itu artinya cantik? (Balik menghadap Key) Kamu sangat cantik. (Jjong cheesy banget tp Key pasti udah blushing ria tuh)

October ROCKSTAR Interview

Q: Anggota mana yang pergerakan/tindakannya akan menarik perhatian anda?

Jonghyun: Kalau mengenai tindakan, saya tidak bisa tidak memperhatikan Key karena cara berpikirnya. Cara dia berpikir sangat menarik. Ia memiliki banyak poin, seperti kemarin (selama pertemuan penggemar), dia memilih untuk performe Parfum’s Chocolate Disco. Itu benar-benar menyenangkan.

091106 KBS Music Bank

Key: Jonghyun-hyung, I love you! (We know it, Key.. We know XDD)

091129 SBS Inkigayo

(Jonghyun menangis dan Key menepuk (menenangkan) nya)

091208 Key UFO Replies

Fan: Jonghyun-ge (Ge dari Gege (‘kakak’ dlm B.Cina)), di antara Taemin dan Key, Siapa yang akan kau pilih?

Key: Aku!!! (Iya deh, Key.. Jjong ga akan milih Aka kok *miris*)

100410 me2day (Key) (fotonya : Key d sblah Jjong ngadep ke belakang nunjukkin t-shrirt gitu)

Key: Di sahkan~ Sebenarnya, aku sudah memiliki satu set T-shirt, aku mendapat T-shirt dari hadiah kekekeke

100707 me2day (Jonghyun)

Aku ingin segera menjual ini. Ini bahkan belum 2 jam sejak aku membelinya. Tidak ada status awal, hanya dipakai sekali. Jika Anda ingin, aku bisa menunjukkan penerimaan dan kasusnya. Aku membelinya sebagai hadiah karena Kibum terus memintaku untuk membelinya. Karena aku tidak mau memberikannya tiba-tiba “tanpa alasan”, aku datang ke sini untuk menjualnya. Tidak ada diskon (pedit amet, sma kaya aku). Keke – Jonggo Nara cosplay (ak cosplayer loh, Jjong.. *gaada hubungannya*) (Jonggo Nara adalah sebuah situs Korea yang menjual barang-barang sekon) (LOL Artis disana suka jual brg”nya jga?)

100718 NYLON Korea Interview

Q (for Jonghyun): Jika Anda akan mengadakan perjalanan di ruang angkasa, Siapa yang akan pergi dengan Anda? Mungkin kalian akan tabrakan atau mungkin tidak akan bisa pulang kembali (ke bumi)?

Key: Denganku! (Ciee.. iya deh yang pengen selamanya sama Jjong.. Di Luar Angkasa bisa berduaan gitu.. dasar)

100722 Taemin Birthday Fan-meet

Ketika Taemin pergi ke belakang panggung untuk mengganti (baju) ß maybe cz ga jelas…

Key: Ayo kita berbicara~

Jonghyun menatap Key dari kepala sampai kaki, kemudian menusuk pinggangnya.

Jonghyun: Kamu punya uang untuk membeli Taemin hadiah, seharusnya kau sudah membayar uang yang kau pinjam dariku~

Key pura-pura tidak mendengar itu.

Ketika Taemin datang kembali, Jonghyun dan Key terlalu asyik dalam percakapan mereka tentang kacamata hitam. Taemin tidak bisa lewat dan akhirnya dia mendorong Jonghyun dan Key ke samping.

Taemin: Bicarakan hal pribadi (?) kalian nanti! (wow.. magnae berani banget)

Ketika giliran Key untuk bicara, ia mengeluh tentang jerawat di wajahnya dan penggemar akan melihatnya ketika dia mengatakan itu. Tiba-tiba, Jonghyun mengangkat dagu Key dan membalikkannya ke arah lain. (Cie.. Supaya yang lain ga ngeliat jerawat Key ya, Jjong? Plis deh.. jerawat Key aja orang lain ga boleh liat? LOL)

Jonghyun: Lalu, bicaralah seperti ini~

Key: Ahh .. lalu .. bisakah aku bertukar posisi? Jonghyun menyeret Key ke paling kanan sehingga penempatan mereka menjadi Key-Jonghyun-Taemin-Onew (entahlah Minho kemana).

Key: Hari ini, kami memiliki permainan yang disebut Permainan Raja Taemin!

Jonghyun: Taemin adalah raja sehingga ia bisa melakukan apapun yang ia inginkan seperti menyuruh orang 1 dan orang 3 untuk berciuman. Kamu bisa mengatakan “Kibum dan Jonghyun ciuman!”, Itu tidak apa-apa. Kami hanya akan ciuman (Jjong nepsong).

Key memberikan Jonghyun tatapan “Kita tidak bisa melakukan itu” sementara para fans berteriak.

Taemin: Aku tidak memiliki kesukaan seperti itu~ (hwahahaha LOL)

Setelah berbicara tentang ciuman, fans menyadari bahwa Jonghyun menatap bibir Key.

Key: Sejak pembicaraan tentang ciuman, Kau terus menatapku! Kenapa kau terus menatapku?

Jonghyun: Apa, apa? Kenapa aku tidak boleh? (Iya deh, Jjong..boleh kok tapi kan maksud Key ga di tempat umum XDDDDDD)

Q: Apa kejadian paling beruntung di hidup kita setelah kelahiran kita (ke muka bumi ini)?

Jonghyun: Bagiku, bertemu dengan Key (Bertemu sang pujaan hati maksudnya)

100807 Star Golden Bell

 

Q: Poin bagus dari Key?

Jonghyun: Key adalah teman yang sangat perhatian dan merawat para anggota dengan baik

Q: Poin jeleknya?

Jonghyun: Dia terlalu banyak mengomel.

Q: (pindah ke Key) Bagaimana dengan Jonghyun?

Key: Dia selalu ada di sisiku sehingga ketika aku membutuhkannya, aku bisa segera menemuinya. (So sweet…)

Q: Poin jeleknya?

Key: Itu menjengkelkan karena kami bersama-sama setiap hari (menurut video yang ak tonton, subtitlenya beda.. disitu Key ngejawab : Itu sangat menjengkelkan karena dia selalu berada di (sisiku) sekitarku)

Q: Bagaimana caramu menyelesaikan pertengkaran dengan Jonghyun?

Key: Menyanjungnya?

100814 UFO

Fan: Supaya bisa ketemu kamu setiap hari, Itu akan menjadi hal yang hebat kalau aku bisa menjadi anggota SHINee  ^口^

 Jonghyun: hahaha sama seperti Kibum (Jjong, kamu mau ngomong kalau Key masuk SHINee cuma karena dia mau ketemu kamu setiap hari? O.o)

100911 Star King

Key membuat Jonghyun memukulnya ketika Key kembali ke kursinya setelah makan donat. (Yang ini pas Key maka Donat sambil pose sexy gitu, si Jjong yg ga nahan langsung mukul-mukul tmpat duduk Key yg ada di sebelahnya)

100916 Key’s Birthday Fan-meet

Minho: Kalian berdua aneh. Kenapa kalian berdua memakai t-shirts couple? (bilang aja sirik, mau begitu juga sama Taemin)

 Jonghyun: Preferensi sendiri

Kibum: Bukankah ini lucu?

Kibum mengatakan dia membeli baju putihnya pertama dan ketika dia kembali, Jonghyun berpikir bajunya terlihat bagus jadi dia ikutan beli

Jonghyun: Hari itu, Kibum membeli baju baru, dan aku berpikir itu terlihat bagus jadi aku pergi ke toko yang sama keesokan harinya.Salesnya bilang kalau Key beli baju yang warna putih (Inget banget ya salesnya abong-abong artis yang beli) jadi aku memesan baju lainnya yang berwarna hitam. Setelah kembali ke dorm. Aku bertanya pada Key untuk memakai baju yang sama besok, Key bilang ‘ok’ jadi kami berdua memakai baju yang sama.

Kibum: Akan terus memakai baju ini bersama-sama di masa depan (?) XDD

Jonghyun bertanya pada Kibum keinginan apa yang dia buat, Kibum mengatakan dia tidak bisa mengatakan karena jika dia mengatakannya, permohonannya tidak akan menjadi kenyataan Jonghyun: Toh, itu tidak akan terwujud (jahatnya), katakan saja.

Lagipula itu sudah bagus karena semuanya mau mendengarkan, Kau harus bersyukur. Kamu hanya harus mengatakan itu, mungkin seseorang di sini dapat memenuhi permohonanmu nanti. (Sebenarnya Jjong maksa” cz dia diem-diem mau beliin apa yang Key mau tapi pas dnger apa yg Key mau kayanya ga jadi tuh niat Jjong LOL)

Akhirnya, Key mengatakan bahwa dia pengen dompet Balmain.

Jonghyun: Itu harganya 6,800,000 won = = (Dalam hati Jjong : Sial, Yeobo gua maunya yg mahal-mahal.. harusnya ga aku tanyain apa mau dia)

Kibum meminta kado pada Jonghyun dan Minho.

Jonghyun: Bukankah aku sudah membelikanmu Kacamata hitam?

Kibum: Ah~

Jonghyun: Aku sudah menghabiskan 3-4 hari ulang tahun dengan Kibum, melihat Kibum tumbuh, aku merasa seperti aku tumbuh juga. Aku akan mengingat masa kita bersama selamanya …(Dari dalam hati banget tuh T^T *terharu)

101028 KOOL Magazine (Jonghyun’s interview)

Q: Apa kesan pertama anda pada Key?

Dari pertama kali aku bertemu Key, karakternya tidak berubah sama sekali sampai hari ini, individu yang benar-benar independen.

Q: Gunakan warna untuk mewakili Key.

Silver

Q: Apa yang ingin Anda katakan kepada Key?

Aku sangat senang ketika aku melihat kamu melangkah maju pada jalanmu. Aku berharap untuk melihat Key yang seperti ini di masa depan juga.

누난 너무 예뻐 ♥: SHINee’s rolling paper ←

taelips:

Di kertas Taemin tertulis:

Jonghyun: Taeminnah… Maaf karena aku marah padamu ketika kau memakai topiku waktu itu. Tapi, mulai dari sekarang, tolong katakan padaku ketika kamu mau meminjam barangku ㅠㅠ

Key: Apakah kamu mau membelikanku makanan?

Minho: Katakan padaku ketika kamu meminjam barangku ~!

Onew: Aku juga ingin mencuri makanan~ (Kayanya ini mah Minjong sama Onkey moment deh ngek -..- salah masukkin btw, anak gua (Taem) suka minjem brg ga blg” ternyata -.-)

Key sedikit (?) lebih menarik daripada pangsit goreng beberapa hari ini. –Jonghyun

(Kenapa Jonghyun ikut-ikutan Onyu? Waktu itu juga Onyu blg “Spaghetti lebih menarik daripada Key” -..- Eh tp beda deng, kan Jonghyun mah (biarpun scra tidak lngsg) lebih mlih Key drpda makanan smentara Onyu mah bner” lbh mlih mkanan drpda Key. Yaiy, JONGKEY JJANG~)

 

MC: Mengapa Key tidak melakukan apa-apa?

Jonghyun: Itu karena dia terlalu jauh (ini pas d SGB kalo g slah, Key duduk plg blkang, di blkang Jjong n dia diem aja selama acara), datanglah lebih dekat.

Key: Jangan berbohong! (Kayanya Key lagi PMS-ing LOL)

Fan: [to Key] Key-ah, Maukah kamu meminjamkan Jonghyun padaku? No???

Jonghyun: No!

Jonghyun (20090831 UFO) (Kalau sama aku boleh ya, Jjong?) 

likeoxygen:

“ Key mengatakan bahwa ketika ia dan jjong menggunakan kamar bersama, (Key sedang tidur di dek yang lebih rendah atau di tempat (kasur) yang lebih rendah) ia terkejut ketika dia mendengar nyanyian jjong dan dia pikir jjong sedang menyanyi untuk dia (Key GR, orang nyanyi buat aku XD). jadi dia bangkit untuk melihat tapi jjong lagi tidur DENGAN MATA TERBUKA. ”

– faithstar @ SHINee Forums International

Orang yang dapat bertemu dengan ET, yang telah datang ke bumi, dan tidak merasa takut, tapi mampu berkomunikasi secara alami dengan ET itu, adalah Key. Bahkan jika ia adalah orang yang tersisa pada sebuah pulau tertinggal, ia akan dapat menemukan cara untuk bertahan hidup.

-Jonghyun (Sebegitu Liarkah Key di matamu, Jjong? LOL)

[FAN]: Jonghyun-ah! Katakan pada Key kalau kamu mencintainya!

[JONGHYUN]: Aku sudah mengatakannya

[FAN]: Kibum-ah, Apakah kau mendapat malam-malam yang sulit?

[KEY]: Yeeess -.- Jonghyun-hyung menggigitku (?) tiap malam.(Maaf ya, Key.. My Dino emang ganas banget kalau udah malem huehehehe)

Fan: [Jonghyun] Apa jenis skinship yang kamu sukai belakangan ini? Hug? Berpegangan tangan? Melingkarkan lengan di bahu?

[Jonghyun]: Lebih dari apa yang Anda pikirkan (Wew, EvilJjong *guanya aja yg yadong))

translated from English to Indonesian by : Me (Akasviel Horvejkul-von Einzbern on fb or @SungminELF on twitter or akasvieland on wordpress))

please take out with full credits!

maaf dikit.. ak lupa lg naruh dimana.. yg ktmu cuma segini -.-

> A-yo.. Yang JONGKEY SHIPPER disini ngacung! Supaya bisa menggila bareng authornya LOL

Advertisements

21 responses to “Jongkey Facts (With INA Translation)

  1. AKU!!! #ngacungdialunalun
    wkwk
    mereka daebak!! suka-suka!! haha punya fotnya gak yang ‘Unknown Time (Kalau ga slah di Me2Day yg fotonya Key pake topi Dinosaurus Jjong)
    Key: I’m Bling Bling Key! (ga usah d translate kan? Huehehe)’??
    pengen fotonya~ oh ya, sbagai Jjong addict dan JongKey shipper, saya masih belum paham kenapa Jjong disebut Dino, walo sudah ada yg menjelaskannya,
    mau jelasin gak ching?

  2. JongKey real
    hahahahahahahah

  3. JONGKEY IS REALLLLL

  4. AKU JONGKEY SHIPPER!!!

    Uwoooohh hahaha.itu lucu2 banget sih factsnya. Udah gitu, menjelaskan banget klo jongkey itu real hahaha

  5. raisawidiastari

    AKU JONGKET SHIPPER!
    AKU CINTA JONGHYUN (SUAMI 1 DAN TERAKHIR)
    AKU CINTA KIBUM (SEBAGAI KAKAK)

    Factnya lucu bgt miiin~ sumpah lucu bangeeet!! aaah~ semakiin cinta sama Jongkey *poppo*

  6. onkeyshippersejati

    saya OnKey shipper….. *salah masuk tempat* ._______.

  7. wahh Jongkey fact nya banyaaak amaaatt… *Mimisan + sesak nafas*

  8. Jjong nyamuk yak gigitin key :p wkwkwkwkwkw bener” deh because they are perfect combination bgt XD

  9. Aku izin share ke fb boleh g chingu??

  10. jongkey………….^^

  11. boleh aku copas jadi note fb yaaaa :)sekalian aku share di twitter juga yaa :). sumpah terharu pisan baca facts ini. JONGKEY JEIL JALNAGA !!

  12. akuuuuuuuuuuu #ngacungin tangan sambil ngelambai2 gaje#

    keren bangeeeeet hehehehe keliatan nyata banget hahaha

  13. Kyaaaa..
    Jumpa aka lagi d WP….
    Saya JONGKEY SHIPPER, suwer dah kagak bohong!!..
    😀

    Saya COPAS ya aka, trus cantumin di BLOG, JOngkey??

  14. chokyulateblingers

    Ini ane, Princess JKS..

    Udah ane, buat d Catatan, and yeahh para JKS bnyk yg suka^^

  15. aku suka JongKey,
    JONGKEY JEIL JAL NAGA….!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s